Mengajar adalah Proses

Hermawan Honggo Widagdo
Alumni Sistem Informasi 2001
Semarang – Jawa Tengah

Mengajar adalah Proses

Hidup manusia tidak akan pernah lepas dari pendidikan, baik sebagai murid maupun tenaga pengajar. Begitu juga dialami oleh Hermawan Honggo Widagdo, semasa kuliah menjalani pekerjaan sebagai pengajar di laboratorium software.
Banyak hal yang dialami oleh Hermawan setelah menggeluti dunia pendidikan. “Di kelas membuat kita kenal banyak orang, ada suasana ceria ha…ha…,” ungkap pemelihara 6 ekor kucing. Selain itu Hermawan juga merasakan memperoleh sisi baru dari ilmu yang dikuasai dalam proses belajar mengajar.

Sisi lain, Hermawan juga tak jarang mendapat curahan hati dari mahasiswanya. “Jadinya bisa menguras emosi diri sendiri,” jelas aktivis Boen Hian Tong, perkumpulan sosial Tionghoa tertua Semarang. Menurut Hermawan, dari sini diuji dalam hal yang tidak menyenangkan, karena mengajar adalah suatu komitmen pada diri sendiri dan orang lain.
Mendaki Gunung

Selain sibuk mengajar pada saat kuliah, Hermawan pernah menjadi juara kompetisi simulasi trading saham. Pengalaman belajar bidang lain membuatnya mengerti bahwa ada momen yang harus diperhatikan. Ketika orang seperti selembar kertas putih yang belum terisi apapun, perlu proses untuk menjadikan sebuah gambar yang indah untuk dilihat. “Dibutuhkan pengajar yang bisa memahami bagaimana proses belajar tersebut,” terang penikmat musik jazz.
Kesukaan Hermawan yang lain adalah mendaki gunung. Hal ini juga termasuk proses belajar yang pada awalnya tidak memiliki pengalaman sama sekali. Oleh karena itu wajib ditemani oleh rekan yang lebih senior atau sudah memiliki pengalaman, sehingga akhirnya bisa melakukan pendakian secara mandiri. “Saya pernah 11 jam naik dan turun gunung Lawu sendirian, kayaknya kapok lombok (kapok sebentar, tapi nanti juga diulangi lagi) ha…ha…,” pemilik usaha minuman Kombucha.

Seperti wejangan dari dosen Siswono yang kala itu menjadi Kajur Sistem Informasi 2001, mengajar adalah proses memberi tanpa kurang suatu apa pun setelahnya. “Ada kepuasan seperti setelah selesai bakti sosial, ibadah dan kegiatan lain,” beber penggemar lagu My Way. (henky honggo)

NB: profil ditulis oleh Henky Honggo
#alumniBinus
#IKABinus
#DivisiMediaSosial
#ProfilAlumni
#Komputer
#SistemInformasi
#HermawanHonggoWidagdo
#Semarang
Hermawan Honggo

Posted by

Henky Honggo

Henky Honggo

IKABINUS Social Media Team & Jurnalist at Tribun News Sumatra Selatan https://www.instagram.com/henkyhonggo