Membuat Langkah Pertama

PROFIL ALUMNI
Putri Mustika
Alumni Sastra China 2010
Tangerang – Banten

Membuat Langkah Pertama
Seribu langkah diawali dengan langkah pertama. Kalimat ini menjadi prinsip Putri Mustika dalam mempelajari Bahasa Mandarin. Langkah pertama yang diambil Putri dengan kuliah di jurusan Sastra China di Binus serta perjuangan ke depan dalam mempelajari Bahasa Mandarin.
Setelah lulus S1, Putri berkeinginan melanjutkan pendidikan ke pascasarjana. “Sesuatu yang diimpikan pasti dapat terwujud, akhirnya Bahasa Mandarin membawa ku studi S2 di Negeri Tirai Bambu he…he…,” jelas penyuka makanan bakmie.
Putri berhasil kuliah lanjut di Zhejiang Normal University (浙江师范大学 zhè jiāng shī fàn dà xué) Tiongkok. Berbagai pengalaman diperoleh Putri secara langsung saat bergaul dengan teman sekelasnya. “Ketemu teman dari berbagai negara, bahasa yang menjadi pemersatu kita semua untuk komunikasi yaitu Mandarin,” ungkap wanita yang aktif di komunitas vihara. Dengan teman lokal di sana, Putri juga *travelling *ke barbagai kota di Tiongkok mulai dari utara hingga selatan. “Semua saya nikmati dan merasa betapa mengagumkan negeri Tiongkok tersebut,” kata penikmat lagu Mandarin.

Juara Miss Campus
Di sisi lain, teman-teman Putri melihat dirinya sangat bahagia dengan kehidupan sekolah dan *travelling *selama 2 tahun di Tiongkok. Namun dibalik itu semua, banyak hal yang membuat Putri menjadi mandiri. Saat teman-teman lain bersantai, Putri gunakan waktu tersebut untuk belajar, mengerjakan tugas, sleepless night. “Untuk menghemat uang, saya belanja sayur seminggu hanya 25 kuai yang setara dengan 50 ribu kita,” ungkap pemenang 2016 China Zhejiang Province Scholarship, Best Teaching Award 2019-2020.
Dengan ketekunan yang dimiliki Putri berhasil menjuarai Miss Campus – Miss ZheShiDa 2016 mewakili Indonesia. Saat itu Putri harus melawan peserta tuan rumah dan berbagai negara lainnya. “Saya bangga sekali mewakili Merah Putih di negara lain,” kenang wanita yang menyukai *adventure *baru.

Dedikasi Untuk Indonesia
Melihat label “Made in China” di berbagai produk, membuat Putri tertarik mempelajari Chinese Business. Ini yang membuat Putri sadar bahwa Bahasa Mandarin bukan hanya sekadar bahasa pengantar. Dibalik itu mempunyai bidang cakupan yang luas bahkan seluas negara pemilik bahasa tersebut.
Setelah lulus kuliah pascasarjana, Putri berkesempatan berkarier di Kota Shanghai. Berhubung keinginan untuk mendedikasikan diri di dunia pendidikan Indonesia, maka sekarang Putri menjadi seorang dosen. “Ini menjadi alasan yang cukup kuat bagi saya untuk membina Nusantara, diharapkan dapat sedikit memberi peran yang dapat bermanfaat untuk orang lain,” beber penggiat olahraga basket. (henky honggo)
NB: profil ditulis oleh Henky Honggo

#alumniBinus
#IKABinus
#DivisiMediaSosial
#ProfilAlumni
#Bahasa
#SastraChina
#PutriMustika
#Tangerang
#Banten

Posted by

Henky Honggo

Henky Honggo

IKABINUS Social Media Team & Jurnalist at Tribun News Sumatra Selatan https://www.instagram.com/henkyhonggo